This movie requires Flash Player 9
Home » Kingdom of Persia

Kingdom of Persia

Kerajaan Persia

Hello Lord!

Tahukah kalian sejarah dari sebuah bangsa dengan latar belakang sejarah yang cukup tua. dan pernah menjadi salah satu negara adidaya (superpower) disamping Imperium Romawi. Yupp… Kerajaan Persia! Nah dibulan Maret ini Rise of Europe Indonesia akan sedikit menceritakan sejarah tentang berdirinya Kerajaan Persia. Mau tau lebih lengkapnya, yuk kita simak

Kerajaan Persia adalah sejumlah Kerajaan bersejarah yang berkuasa di Dataran Tinggi Iran, tanah air asal Bangsa Persia, dan sekitarnya termasuk Asia Barat, Asia Tengah dan Kaukasus. Saat ini nama Persia dan Iran sudah menjadi kebiasaan; Persia digunakan untuk isu sejarah dan kebudayaan dan Iran digunakan untuk isu politik. Bangsa yang dikemudian hari memproklamirkan diri sebagai Republik Islam Iran ini didominasi oleh Syi’ah.

Dari tulisan-tulisan sejarah, peradaban Iran yang pertama ialah Proto-Iran, diikuti dengan peradaban Elam. Pada milenium kedua dan ketiga, Bangsa Arya hijrah ke Iran dan mendirikan kekaisaran pertama Iran, Kekaisaran Media (728SM-550SM). Kekaisaran ini telah menjadi simbol pendiri bangsa dan juga kekaisaran Iran, yang disusul dengan Kekaisaran Akhemeniyah (648SM–330SM) yang didirikan oleh Koresh yang Agung.

Koresh Agung juga terkenal sebagai pemerintah pertama yang mewujudkan undang-undang mengenai hak-hak kemanusiaan, tertulis di atas artefak yang dikenal sebagai Silinder Koresh. Ia juga merupakan pemerintah pertama yang memakai gelar Agung dan juga Shah Iran. Di zamannya, perbudakan dilarang di kawasan-kawasan taklukannya (juga dikenal sebagai Kekaisaran Persia.) Gagasan ini kemudian memberi dampak yang besar pada peradaban-peradaban manusia setelah zamannya.

Kekaisaran Persia kemudian diperintah oleh Cambyses selama tujuh tahun (531SM – 522SM) dan kemangkatannya disusul dengan perebutan kuasa. Akhirnya Darius yang Agung (522SM – 486SM) menang dan dinyatakan sebagai raja.

Ibu kota Persia pada zaman Darius dipindahkan ke Susa dan ia mulai membangun Persepolis. Sebuah terusan di antara Sungai Nil dan Laut Merah turut dibangun dan menjadikannya pelopor untuk pembangunan Terusan Suez. Sistem jalan juga turut diperbaharui dan sebuah jalan raya dibangun menghubungkan Susa dan Sardis. Jalan raya ini dikenal sebagai Jalan Kerajaan.

Selain itu, mata uang syiling dalam bentuk daric (syiling emas) dan juga Shekel (syiling perak) diperkenalkan ke seluruh dunia. Bahasa Persia Kuno turut diperkenalkan dan diterbitkan di dalam prasasti-prasasti kerajaan.

Di bawah pemerintahan Koresh yang Agung dan Darius yang Agung, Kekaisaran Persia menjadi sebuah kekaisaran yang terbesar dan terkuat di dunia zaman itu. Pencapaian utamanya ialah sebuah kekaisaran besar pertama yang mengamalkan sikap toleransi dan menghormati budaya-budaya dan agama-agama lain di kawasan jajahannya.

Nah! itu tadi sedikit cerita tentang sejarah Kerajaan Persia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian yah. Nantikan cerita seru lainnya, tentang sejarah kerajaan-kerajaan besar sepanjang sejarah. Hanya di Game Strategi Terbaik Rise of Europe Indonesia.

NO DOWNLOAD – NO INSTALL – JUST CLICK AND PLAY!

Read previous post:
Bonus Reward : 20 – 22 Maret 2015

Hello Lord! Pertempuran yang tak akan pernah usai! bertarung untuk dapat menguasai seluruh daratan Eropa. Well, untuk membantu kalian dalam memenangi...

Close